RSS

Tips aman Ber-Facebook

Tips aman Ber-Facebook mungkin saat ini belum banyak orang yang mengetahuinya. Karena hampir sebagian besar orang tidak begitu memperhatikan yang namanya secure atau tingkat keamanannya. Dan itu akan berakibat pada pembobolan akun facebook. Ada banyak dan bervariasi alasan mengapa harus dilakukan pembobolan facebook. Sejak resmi berdiri pada tahun 2004, FB menjadi media atau jejaring sosial paling populer saat ini. Dan akan siap bersaing dengan kedatangan Google+ yang juga menawarkan berbagai fitur. Indonesia menjadi negara dengan pengguna facebook terbanyak kedua di dunia. Memahami Facebook menjadi medium komunikasi dan informasi efektif bagi banyak orang, menjadikannya menarik untuk dikaji mengenai pemanfaatan dari facebook ini yang antara lain adalah selain sebagai jejaring sosial juga sebagai ajang peluang berbisnis. Maka dari itu kita perlu mengetahui dalam bagaimana cara aman ber-Facebook. Berikut caranya:

  • Selalu ada warning atau pesan yang paling sering kita dengar yaitu dengan mengganti passwrod secara berkala atau periodik. Kata-kata itu mudah disebutkan tapi malas dalam pengerjaannya. Untuk melakukan ini masuklah ke menu Account Settings, lalu pilih General. Klik edit pada bagian password. Masukanlah Passwrod yang aktif sekarang pada bagian current, lalu masukkan 2 kali kata sandi yang baru, masing-masing di bagian New dan Re-Type New.
  • Keabsahan dalam menampilkan informasi adalah menjadi poin penting juga. Karena saat ini tidak menutup kemungkinan ada orang lain yang mengaku menjadi diri kita. Dan yang membuat orang terdekat kita percaya bahwa ini adalah akun kita melalui keaslian foto kita dan keaslian informasi kita. Antara lain, Nama Profil kita dan Foto kita, Info yang kita berikan untuk di share. Dan yang paling inti dari semua itu adalah pastikan bahwa Facebook yang kita gunakan ini adalah bukan ajang untuk senang-senang dalam artian menerima teman yang tidak kita kenal. Karena dengan begitu sama dengan kita mengundang penyusup masuk ke akun pribadi kita. Dan itu bisa berakibat Facebook kita akan dibobol.
  • Batasi informasi dan interaksi. Maksudnya ini ditujukan bagi sebagian orang yang mungkin belum mengetahui mengenai celah yang memungkinkan orang untuk masuk dan memanfaatkan Facebook kita untuk berbuat kejahatan. Dan itu yang dimaksud bahwa kita harus bisa membatasi membagi info mengenai siapa kita. Dan juga, biasanya kita selalu meluapkan kekesalan kita di Facebook tanpa memperhatikan etika diberkreasi di Facebook. Karena jika kita salah dalam membuat posting kita akan bisa dituntut dalam hal pencemaran nama baik. Jika, kita tidak ingin beberapa informasi pribadi kita diketahui oleh publik (Only Me) atau beberapa orang (spesific People or List) atau bahkan cuma teman-temannya kita (Friends) atau teman dari teman kita (Friends of Friends), masuk ke Profile kita (Klik nama akun kita) lalu pilih edit profile pada sebelah kanan atas.Jika kita ingin membatasi interaktifitas kita (Status), adalah dengan mengklik tanda panah sebelah kiri status kita lalu akan muncul Public (Semua orang), Friends (Teman FB), dan Custom (beberapa teman kita).
  • Ini adalah cara yang mungkin hampir sebagian pengguna Facebook tidak mengetahuinya. Yaitu dengan melakukan pengaturan Log in ke FB yang aman. Alamat  URL yang dikatakan aman adalah "https://www.facebook.com/". Disitu kita melihat ada huruf "s" yang artinya adalh secure. Untuk itu cara agar menjadi Secure adalah Masuk ke Menu Account Settings --> security --> edit pada Secure Browsing --> beri tanda centang --> Save Change.
  • Pemberitahuan menganai penggunaan facebook kita melalui Notifications Login. Karena dengan begini kita akan diberitahukan dan pastikan bahwa kitalah yang melakukan login ke FB kita. untuk cara ini ada dua metode yaitu melalui Email atau SMS (pastikan no. ponsel sudah terdaftar). Caranya adalah Masuk ke Menu Account Settings --> Login Notifications --> Pilih cara pemberitahuannya --> Save Change. Untuk melakukan pendaftaran No Ponsel adalah melalui menu Account Settings --> Mobile --> Add a Phone.
Nah, mungkin itu adalah sebagian dari beberapa cara bagaiman mengenai cara yang aman dalam berfacebook. Maaf kalau ini adalah artikel yang mungkin bagi sebagian orang tidak penting. Tapi namanya juga Hanya Mau Berbagi Ilmu Saya. SEMOGA BERMANFAAT!!

Deskripsi : Ini merupakan tips bagaimana aman dan komunikatif dalam ber-facebook. Karena semakin banyaknya penyalahgunaan Facebook.
Keyword : Tips dan Trik, Tips dan Trik Internet, Tips aman Ber-Facebook
  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mindtalk
  • Google
  • Twitter
  • StumbleUpon
  • Linkeidn
  • Artikel Terkait



    Imerey Imuc Updated at: Saturday, October 29, 2011
    Imerey Imuc
    Penulis: Yoseph Rafael Hendrikus Yelson atau
    Deskripsi : Saya hanyalah seorang anak baru di dunia Internet yang masih butuh banyak ilmu lagi. Untuk lebih jelasnya bisa langsung menuju ke Profil Imerey Imuc.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by Imerey Imuc (Dari Bhumi Arema Menuju Pulau Dewata)