RSS

Apa itu Malware?

Apa itu Malware? - Malware merupakan kependekan dari malicious software atau software perusak.Mungkin lebih tepatnya adalah sebuah kode program yang dibuat untuk menyusup ke sistem komputer. Hal ini dikarenakan karena tingkah lakunya yang mampu menduplikasikan dirinya sendiri. Sedangkan yang selama ini kita dengar mengenai virus adalah merupakan bagian dari Malware.
Seing kali kita mengabaikan sebuah peringatan atau bahkan kita tidak mengetahui bahwa program yang kita download dari internet tersebut terinfeksi virus atau tidak. Mungkin sebagai saran saja bahwa sebelum mendownload sebuah software ada baiknya kita melakukan scan secara online (baca juga Scan Website). Berikut adalah mengenal sistem yang terinfeksi malware
  • Kinerja komputer kita semakin lambat dikarenakan respon dari sistem yang lambat juga. Hal in dikarenakan malware menggunakan sumber daya dari pada sistem atau bahasa kerenya adalah resource system.
  • Halaman awal pada software browser membuka situs asing
  • Muncul Pop-up atau iklan ketika membuka sebuah website.
  • Adanya trafic atau mahluk asing pada jaringan internet kita yang sedang aktif. Untuk mengeceknya dapat menggunakan MRTG (The Multi Router Traffic Grapher).
  • Adanya file baru yang berjeni EXE. Biasanya file ini terlihat di flashdisk jika "Show all hidden file" atau hilang centang pada "Hide protected operating system file"
  • Sering munculnya peringatan yang datang dari antivirus yang tidak mengenali virus tersebut dengan pesan "Virus Terdeteksi" bahkan adanya permintaan untuk registrasi antivirus tersebut.
  • Adanya pengiriman link-link tertentu ke email teman-teman kita.
Malware sendiri bisa dikategorikan berdasarakan pada efek yang dilakukannya terhadap sistem komputer. Berikut aktifitas yang biasa dilakukan oleh malware dan jenis-jenis malware:
  • Menggandakan diri sendiri
  • Merusak program lain
  • Membuka akses kepada orang lain (pembuat malware) sehingga bisa mengakses komputer kita
  • Memberikan report melalui internet mengenai aktifitas yang dilakukan
  • Mengupdate atau upgrade file malware baru dengan mendownload sehingga tidak terdeteksi antivirus meskipun sudah sudah mengupdate antivirus sekalipun
  • Membuka port atau pintu jaringan agar mudah dikendalikan melalui internet
  • Menginjeksi program lain agar malware tidak mudah terdeteksi
  • Memanipulasi koneksi internet sehingga bisa mengganti protected file system
  • Memodifikasi register sehingga bisa berjalan otomatis ketika komputer dinyalakan
Virus
Merupakan salah satu malware yang paling populer. Virus ini merupakan program yang mempunyai kebiasaan mampu menggandakan diri dengan cara mengiinfeksi pada program lain. Contohnya adalah Sality. Sedangkan cara mengatasinya yaitu dengan beberapa antivirus ternama baik lokal maupun buatan luar.

Worm
Merupakan salah satu malware yang menggandakan dirinya atau memperbanyak diri sendiri dengan memanfaatkan kelemahan sistem atau bahkan melalui flashdisk. Contohnya adalah Brontok. Sedangkan cara mengatasinya adalah Worm Remover.

Trojan Horse
Merupakan malware yang pintar mengecoh pengguna yaitu dengan cara menyelipkan diri pada program umum.  Trojan Horse tidak pernah menampakkan atau mencuri perhatian pengguna bahwa komputer yang dia gunakan sudah terinfeksi malware. Contohnya adalah Exbinder. Sedangkan cara mengatasinya adalah Spyware atau Combofix.

Backdoor
Merupakan malware yang dapat mengendalikan atau mengambil alih komputer kita dari jarak jauh. Jadi, artinya komputer kita sudah dikuasai oleh orang lain. Malware ini biasanya memanfaatkan port yang terbuka untuk berkomunikasikan ke luar. Saat ini malware ini semakin canggih karena malware ini sendiri  dapat menumpangi proses bawaan Windows untuk mencegah atau menghindari tertangkap oleh Firewall. Contohnya adalah Back Office. Sedangkan cara mengatasinya adalah dengan Spyware Doctor, Microsoft Antispyware Beta, Spybot, Ad-Aware, SpyHunter, eTrustPestPatrol.

HackTool
Merupakan program yang biasanya digunakan oleh para Hacker untuk melumpuhkan server atau korban sehingga menutup pintu akses bagi orang lain. Contohnya adalah Haktek. Sedangkan cara mengatasinya adalah dengan.Gromozon, Unhack Me, Rootkit Revealer.

Spyware
Merupakan program yang mengambil data pribadi tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Dalam hal ini berbagai jenis data bisa didapatkan seperti password, jejak browsing kita (history), bahkan sampai pada keuangan kita dalam Kartu Kredit. Spyware ini bekerja atau mulai melakukan aksinya pada saat kita mengaktifkan browser kita. Contoh spyware adalah Gator. Sedangkan cara mengatasinya dengan Spyware Doctor, Microsoft Antispyware Beta, Spybot, Ad-Aware, SpyHunter, eTrustPestPatrol

Rootkit
Merupakan program yang sangat canggih karena mampu bersembunyi baik itu di file, registry, ataupun proses. Jika, komputer anda terkena rootkit maka akan sangat sulit untuk dibersihkan karena sistem telah terinfeksi dan dimanipulasi oleh rootkit. Contohnya adalah HackerDefender. Sedangakan cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan scan antivirus tetapi menggunakan OS Portable atau bisa dengan Rootkit Revealer

Rogue Application
Merupakan program yang cukup berbahaya karena sangat dapat merugikan kita semua. Dalam hal ini virus ini menyamar sebagai sebuah antivirus. Jadi, kerjanya seolah-olah antivirus ini dalam proses scan menemukan malware dan jika ingin membersihkannya harus membeli (donate). Ketika proses pembelian dilakukan maka data kartu kredit kita bahkan semua data yang diminta oleh perusahaan antivirus palsu ini aka terekam. Cara ini hingga sampai saat ini masih sangat populer. Sedangkan cara mengatasinya adalah dengan Rogue Application.

Joke Program
Merupakan sebuah program yang membuat pemilik komputer panik karena pada program ini dibuat seolah-olah komputer rusak dengan tampilan blue screen (layar biru). Jadi tanpa kita sadari akan menyangka komputer kita mengalami kerusakan.

Dalam hal ini kita harus patut mewaspadai komputer kita dengan secutity yang terpercaya. Alangkah baiknya kalau untuk perusahaan besar membeli sebuah antivirus resmi atau original. Namun, resmi atau original bukanlah jaminan melainkan kalau tidak selalu di update. Jadi, sering-seringlah update antivirus, menonaktifkan autorun, jangan panik dan mudah percaya dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan uang.

Description : Penjelasan tentang malware dan jenis-jenisnya
Keyword : Malware, Jenis Malware, Antivirus Malware

  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mindtalk
  • Google
  • Twitter
  • StumbleUpon
  • Linkeidn
  • Artikel Terkait



    Imerey Imuc Updated at: Monday, September 03, 2012
    Imerey Imuc
    Penulis: Yoseph Rafael Hendrikus Yelson atau
    Deskripsi : Saya hanyalah seorang anak baru di dunia Internet yang masih butuh banyak ilmu lagi. Untuk lebih jelasnya bisa langsung menuju ke Profil Imerey Imuc.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by Imerey Imuc (Dari Bhumi Arema Menuju Pulau Dewata)